Home » » Tips Memasang Google Map di Postingan Blog

Tips Memasang Google Map di Postingan Blog

Tips Memasang Google Map di Postingan Blog - Kadang kala pada sebuah postingan kita memerlukan tampilan peta yang menjelaskan lokasi dari tempat yang sedang dibahas atau lokasi khusus sehingga informasi peta yang kita tampilkan dapat membantu pengunjung blog yang kebetulan membutuhkan penjelasan detail tentang lokasi tersebut. 


Disamping itu, dengan dilengkapi informasi yang detail, postingan kita akan terasa lebih professional dan akan menambah kridibilitas blog dimata pengunjung. Untuk menampilkan peta pada postingan bisa dilakukan dengan meng-capture peta sehingga tampilan peta di postingan hanya berupa sekedar gambar mati yang tidak bisa diapa-apa kan oleh pengunjung. 

Ada baiknya tampilan peta yang kita tampilkan bersamaan dengan postingan tersebut berupa applikasi yang aktif sehingga pembaca dapat mengutak atik nya. Dengan kata lain aplikasi tersbut diembed dalam postingan. 

Google Map merupakan penyedia layanan peta paling popular dan terlengkap dari Google. Sehingga Google Maps inilah yang akan kita pilih untuk di pasang pada postingan. Untuk memasng tampilan Google Maps untuk lokasi tertentu pada sebuah postingan, langkah langkahnya adalah sebagai berikut : 

1. Mencai Lokasi Yang Akan Dipasang Pada Postingan 
Hal yang pertama yang harus dilakukan tentu saja mengunjungi situs Google Maps yaitu : Https:// maps.google.com dan meng-entri-kan lokasi yang ingin kita tampilkan pada kotak pencarian disudut kanan atas ( panah biru ).  Seperti pada gambar dibawah : 

Tips Memasang Google Map di Postingan Blog 1


Biasanya Google Map telah menandai berupa icon berwarna merah dan membuat ulasan tentang lokasi tertentu ( panah merah ) , tetapi apabila lokasi yang kita inginkan belum dikenali oleh Google Map dikarenakan tidak dikenal dan tidak umum, maka kita perlu membuat penjelasan terkait lokasi tersebut dan menandainya sendiri. 

2. Mengambil link dari tampilan peta pada Google Maps
Setelah ditemukan lokasi yang diinginkan, kita memerlukan link tampilan peta lokasi tersebut dengan mengklik gambar tiga buah garis datar tepat disebalah kiri kotak pencarian tempat kita mengentrikan lokasi yang akan dicari pada langkah 1 diatas ( panah hijau ). 

Setelah mengklik 3 garis datar tersebut akan muncul tampilan drop down menu dan kilik pada tampilan menu Bagikan atau Sematkan Peta ( panah kuning ).  

Tips Memasang Google Map di Postingan Blog 2

Ketika pilihan menu Bagikan atau Sematkan Peta diklik, akan muncul tampilan pop-up seperti gambar dibawah. 

Tips Memasang Google Map di Postingan Blog 3


Pastikan tab Sematkan Peta dipilih (aktif) ( panah coklat ). Disebelah kiri pada Popup tersebut terdapat pilihan ukuran, kecil, dedang, besar dan ukuran khusus. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan lebar kolom postingan pada blog . 

Saran saya , pilihlah ukuran khusus, karena ukuran P x L dapat dientrikan sesuai dengan lebar kolom untuk postingan blog masing – masing ( panah ungu ). Disebelah kanan dari menu pilihan ukuran, terdapat link iframe yang akan digunakan untuk ditampilkan pada postingan blog. Copy seluruh script teks link tersebut. 

3. Memasang Script pada Postingan Blog 
Langkah selanjutnya adalah memasang script yang telah kita copy pada langkah no 2 pada postingan.
Setelah mendapat lokasi yang diinginkan, selanjutnya adalah memasang kode embed yang tadi dicopy. 

Pasang script tersebut pada postingan yang akan dilengkapi dengan tampilan Peta Google Maps. Saat mem-paste script tersebut harus pada model HTML ( panah hitam ). Karena kebetulan blog ini menggunakan blogger sebagai platformnya, maka untuk menampilkannya script tersebut harus di paste pada mode HTML, seperti pada gambar dibawah ini. 

Tips Memasang Google Map di Postingan Blog 4


Untuk selain blogger, tinggal mencantumkan tag <HTML> pada script tersebut atau disesuaikan dengan host yang digunakan.

Hasil dari pemasangan peta dari Google Map ini dapat dilihat pada tampilan dibawah ini. Kebetulan saya memilih lokasi Bakmie 12, karena lokasi makanan favorit saya. Selamat mencoba … Salam

0 komentar:

Posting Komentar