Home » » 9 Tips Ampuh Memilih Nama Domain Yang Tepat

9 Tips Ampuh Memilih Nama Domain Yang Tepat

nama-domain


9 Tips Ampuh Memilih Nama Domain Yang Tepat - Persaingan Blogging dari tahun ke tahun akan terus bertambah intens dan lebih kompetitif. Untuk itu diperlukan rencana yang tepat untuk menghadapi persaingan itu. Bagi kamu yang akan memulai sebuah blog, sebagai pondasi awal untuk masuk kedalam persaingan tersebut adalah memilih nama domain yang tepat. 



Karena nama domain inilah yang akan terus digunakan sepanjang hidup blog itu. Nama domain sebuah blog seperti sebuah merek dagang yang menjelaskan tentang blog tersebut. 

Meski nama domain sebuah blog tidak terikat pada aturan – aturan tertentu, namun pemilihan nama yang tepat sangat menentukan karena lebih dari 80% pengunjung datang kesebuah blog dikarenakan nama domain blog. 

Pada artikel kali ini, ada 9 tips ampuh yang dapat dilakukan dalam memilih nama domain yang tepat untuk sebuah blog. 

1. Pakai domain Dot com (.com) 
Setelah nama domain ditetapkan, pemilihan ekstensi juga perlu diperhatikan. Hindarilah menggunakan ekstensi yang lain, selain dot Com (.com). Ekstensi selain dot Com, seperti dot edu (.edu) , dot blog (.blog), dot photography (.photography) , dot ly (.ly) kelihatan bagus dan menarik.

Berdasarkan pengalaman selama ini, blog dengan ekstensi dot com (.com) merupakan blog memiliki tingkat kepercayaan yang lebih ditinggi dimata pengguna maupun pengunjung. Ditambah lagi dengan tujuan untuk mendapatkan ranking di search engine Google, maka hindarilah pemakaian ekstens yang kurang dipercayai. 

2. Gunakan Kata kunci ( Keywords ) 
Blogging adalah semua hal tentang mencurahkan pikiran dan ide dalam sebuah artikel yang kemudian diposting pada blog. 

Untuk menjaring pengunjung agar datang ke blog dan membaca postingan tersebut, disisipkan beberapa kata kunci yang relevan dengan topik yang ditulis. 

Jika nama domain yang digunakan mengandung kata kunci yang banyak dicari pada search engine seperti Google, maka kesempatan untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih akan bertambah besar. 

3. Sederhana 
Kalau di poin sebelumnya menggunakan nama domain yang mengandung keyword yang banyak dicari pada search engine, maka nama domain yang singkat dan sederhana juga bisa dijadikan sebagai alternative pemilihan. Hal ini dikarenakan mudah diingat dan diucapkan 

Dengan nama domain yang singkat, akan membantu sebuah blog untuk mendapatkan peningkatan pada jumlah lalu lintas pengunjung. 

Contoh yang cukup jelas adalah eBay.com. Siapa yang tidak kenal eBay.com sebagai situs online shopping. Nama domain eBay.com sangat singkat dan sederhana sehingga mudah diingat dan mudah diucapkan. 

4. Unik 
Nama domain sebaiknya berhubungan dengan produk yang ditawarkan pada sebuah blog. 

Jika sebuah blog membahas tentang golf, dan disuatu tempat seseorang sedang mencari informasi mengenai stick golf, dan mengentrikan kata golf pada mesin pencari, maka kesempatan orang tersebut menemukan blog yang membahas tentang golf akan semakin tinggi jika blog tersebut menggunakan kata golf pada nama domainnya. 

5. Jangan menggunakan symbol hyphens (-) 
Jangan menggunakan symbol Hyphens (-) dalam sebuah nama domain. Karena susah diingat dan bisa menyebabkan penulisan yang salah ketika pengunjung mengetikan nama domain tersebut pada browsernya. Pengetikan nama domain yang salah akan mengarahkan mereka keblog yang lain, sehingga pengunjung akan menjadi berkurang. Dan imbasnya juga akan menurunkan jumlah lalu lintas pengunjung ke blog tersebut. 

6. Hindari huruf Ganda 
Nama domain seharusnya tidak menggunakan huruf yang sman saling berdekatan, karena akan membingungkan pengunjung dan pada kasus tertentu akan mengalihkan calon pengunjung yang seharusnya menuju ke blog kita , tetapi karena salah ketik malah beralih kesitus yang lain. 

Misalkan nama domain sebuah blog adalah bloggoo.com , kesalahan ketik pada nama blog seperti blogoo.com, bloggo.com akan mengarahkan pengunjung ke blog yang lain. Dan akan mengurangi lalu lintas ke blog itu sendiri. 

7. Jangan menggunakan kombinasi huruf dan angka dengan makna berbeda 
Just4u.com ; blog2good.com dan lain sebagainya menggunakan kombinasi angka atau huruf yang cara pembacaannya hanya sipengelola blog yang tahu. 

Kesalahan penulisan nama domain oleh pengujung akan menyebabkan penurunan pada jumlah lalu lintas pengunjung menuju blog tersebut. Seperti www. Just4U.com , ditulis menjadi www.justforyou.com, sehingga pengujung diarahkan ke blog yang lain. 

8. Jangan Terlalu Spesifik 
Trik lain yang dapat digunakan untuk memilih nama domain adalah membuat nama domain yang sedikit lebih umum dan tidak terlalu spesifik. Hal ini untuk mengantisipasi pergeseran topik bahasan blog dimasa yang akan datang sehingga bisa menarik pengunjung baru. 

Seperti nama sebuah blog yang membahas tentang golf, sebaiknya mencantumkan kata – kata sport pada nama domainnnya, sehingga topik blog nantinya tidak terkunci mengenai golf saja, meskipun yang kita bahas diblog tersebut hanya tentang golf. Tetapi masih menyediakan kesempatan untuk membahas olah raga lain, sehingga nama domain masih ada relevansinya dengan isi blog. 

9. Be Original 
Ilustrasinya seperti berikut, blog terkenal dengan nama domain www.detik.com dan untuk menggunakan popularitas blog tersebut dipakai nama bdomain www.detiks.com , atau www.detikku.com. 

Penggunaan nama domain tersebut sah – sah saja, tetapi yang pasti sangat merugikan. Karena, bila bicara detik pasti pengunjung memilih detik.com bukan detiks atau detik sehingga trafik yang diharapkan akan ikut terangkat karena menggunakan nama domain blog yang terkenal malah berbalik menjadi merugikan. 

Seperti yang dijelaskan diawal, persaingan didunia blogging dari tahun ketahun semakin ketat, perlu dilakukan perencanaan yang baik agar sebuah blog dapat bertahahn dan bersaing. Pemilihan nama blog harus dipikirkan dan direncanakan dengan matang agar dapat terus bersaing.

1 komentar:

  1. Types of Baccarat - Worrier Definition of a - WURRI
    In most sports betting circles, the concept of Baccarat originated from the gambling games played by a 샌즈카지노 person in หาเงินออนไลน์ a casino. While 바카라 사이트 gambling is

    BalasHapus